Kamis, 14 Maret 2013

AKIBAT SESEORANG KURANG TIDUR MALAM HARI dan CARA MUDAH TIDUR PULAS DIMALAM HARI .

Kebanyakan manusia yang susah tidur banyak mengakibatkan berbagai macam penyakit bahkan kematian! Khusunya ini anak anak kuliahan dan para gamer atau pekerja keras sampe larut malem bahkan pagi ,Hati hati dan jangan pernah sepelekan untuk tidur.
langsung aja kita liat akibat bagi seorang yang kurang tidur malam .



1. Penyakit Kardiovaskular


Tidur yang cukup sangatlah penting untuk kesehatan jantung Anda. Dalam jurnalSleep yang diterbitkan tahun 2010, dicantumkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.

Para peneliti di West Virginia University School of Medicine meninjau ulang data dari 30.397 orang yang berpartisipasi dalam studi yang dilakukan oleh National Health Interview pada tahun 2005. Berdasarkan tinjauan tersebut, diketahui bahwa orang yang memiliki jam tidur kurang dari 7 jam setiap malam berisiko terhadap penyakit jantung.

Bahkan wanita di bawah usia 60 tahun yang hanya tidur 5 jam atau kurang di malam hari, memiliki risiko 2 kali lipat mengembangkan penyakit jantung.

2. Diabetes

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes pada tahun 2011, peneliti dari University of Chicago dan Northwestern University menemukan bahwa ketika penderita diabetes tipe 2 tidak memiliki jam tidur yang mencukupi di malam hari, akan meningkatkan kadar glukosa dalam darah hingga 9 persen.

Selain itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan kadar insulin hingga 30 persen dan meningkatkan resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2 hingga 43 persen.

3. Kanker Payudara
 
 Peneliti dari Tohuku University Graduate School of Medicine di Jepang melakukan penelitian terhadap 24.000 wanita yang berusia 40 sampai 79 tahun dan menemukan bahwa peserta yang memiliki jam tidur kurang dari 6 jam setiap malamnya memiliki risiko kanker payudara 62 persen lebih besar dibandingkan peserta yang tidur hingga 9 jam setiap malam.






4. Masalah pada Kandung Kemih
Dalam pertemuan yang diselenggarakan oleh American Urological Association tahun 2011, para peneliti dari New England Research Institute menyatakan bahwa kurangnya jam tidur di malam hari meningkatkan risiko masalah pada kesehatan kandung kemihnya.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 4.145 pria dan wanita dewasa dan peneliti menemukan bahwa orang yang memiliki jam tidur kurang dari 5 jam setiap malamnya dan yang telah terjadi selama 5 tahun meningkatkan risiko nokturia hingga 80 sampai 90 persen.

Nokturia adalah kondisi kesehtan yang mengharuskan seseorang bangun di malam hari untuk buang air kecil atau jika tidak Anda dapat mengompol ketika tidur. Para peneliti menyatakan bahwa kurangnya tidur dapat menyebabkan peradangan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan masalah pada kandung kemih. 


 5. Kanker

Dalam sebuah studi terhadap 1.240 orang pada tahun oleh para peneliti dari Case Western University, menemukan bahwa orang yang tidurnya kurang dari 6 jam di malam hari berisiko menderita polip kolorektal yang dapat menjadi kanker hingga 47 persen dibanding orang yang memiliki jam tidur yang cukup.


6. Kematian

Sebuah studi yang dilakukan selama 10 tahun terhadap 16.000 orang oleh para peneliti di Copenhagen University menghubungkan antara kurang tidur dengan peningkatan risiko kematian.

Ternyata orang-orang di bawah usia 45 tahun yang tidak memiliki jam tidur yang cukup setiap malamnya memiliki risiko kematian dua kali lipat dibandingkan orang yang memiliki jam tidur yang cukup. Hal ini terjadi karena banyaknya efek buruk kurangnya jam tidur malam terhadap kesehatan seseorang.

Dan saat anda sudah membaca akibat dari kurang tidur dimalam hari pastikan harus ada solusi agar tidak datang tu penyakit yang merusak tubuh bahkan roh kita gan , mari kita lirik sedikit gimana nih cara mudah tidur pulas dimalam hari .

1. Hitung mundur dari angka 300 sampai akhir, tiap 3 detik.
Beberapa alasan umum orang sulit tidur adalah karena mereka penuh dengan pikiran yang tidak bisa dihindari. Pemikiran ini bisa jadi karena anda mengalami masalah, problem, dll. Cobalah untuk sejenak mengesampingkan pikiran tersebut, hitunglah dari 300 sampai 1, tiap satu detiknya. Apabila anda sulit untuk melakukannya, cobalah menuliskan kekhawatiran dan pikiran anda dalam sebuah kertas, dan tulislah beberapa step untuk menyelesaikannya.
2. Kurangi konsumsi kafein dan kopi.
Apabila ingin tidur pulas di malam hari, cobalah untuk bebas dari kafein dan kopi. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa kafein berpengaruh hingga 8 jam dan dapat mempengaruhi tidak hanya kemampuan anda untuk tertidur, tetapi juga kualitas tidur yang anda inginkan.
3. Mandi air panas.
Mandi air panas antara 60 – 75 menit sebelum tidur sangat membantu untuk membuat anda cepat tidur. Air mandi harus lebih hangat dari 37 derajat Celcius dan usahakan untuk berendam lebih dari 20 menit. Mandi air panas membantu dalam relaksasi otot-otot dan meningkatkan suhu inti tubuh. Dalam proses pendinginan tubuh, secara otomatis anda mengirim sinyal ke otak untuk melepaskan melatonin, hormon yang membantu cepat tertidur.
4. Kurangi aktifitas yang menghabiskan energi sebelum tidur.
Latihan dan olah raga memang sangat bagus untuk tidur, tapi sulit bagi tubuh untuk angin turun setelah melakukannya. Dia menyarankan menemukan waktu sebelumnya dalam sehari untuk melakukan latihan.
5. Jauhkan anak-anak, bayi dan hewan peliharaan dari ranjang.
Anak-anak dan hewan peliharaan dapat membangunkan anda di tengah malam dan mengganggu siklus tidur anda.
6. Memiliki tempat tidur yang nyaman.
Apabila anda kurang nyaman dengan kasur/tempat tidur, cobalah untuk membeli yang baru. Pastikan untuk mencobanya, sehingga anda bisa mendapatkan kasur yang nyaman untuk beristirahat malam yang lebih baik.
yang
7. Suhu ruangan untuk tidur.
Menurut penelitian, orang tidur terbaik dalam ruangan dengan suhu antara 65 dan 75 derajat F dan permukaan tempat tidur adalah antara 82 dan 86 derajat F.
8. Jangan makan terlalu berat 3 jam sebelum tidur.
Pastikan makanan terakhir anda adalah dari tiga sampai empat jam sebelum tidur. Tubuh tidak dimaksudkan untuk mencerna makanan dalam waktu tidur, usahakan perut anda tidak dalam keadaan bekerja saat anda tidur.
9. Cahaya di kamar.
Cahaya sangat berpengaruh dalam proses tidur yang nyenyak. Cobalah lampu yang tidak terlalu terang, dan nyaman, sehingga dalam keaadaan tidur pun anda merasakan kenyamanan. Lampu yang terlalu terang tetap membuat mata anda silau meskipun anda dalam keadaan tidur.
10. Berdoa supaya cepat tidur.
Bagi beberapa orang, berdoa adalah cara paling bagus untuk lekas tidur. Sebagian orang merasa dirinya tidak aman, tidak nyaman, ketakutan dan lainnya. Dan hal tersebut membuat anda kesulitan tidur. Cobalah berdoa, agar anda merasa relaks dan nyaman.

Dengan sedikit pengetahuan yang saya dapat semoga dapat bermanfaat bagi agan aganwati pembaca blog ane ! keep smile and follow my blogs ...  

Tidak ada komentar: