Kamis, 14 Maret 2013

OOPS Using C#


Classes C# (atau Dibaca C sharp) adalah bahasa pemrograman baru yang diciptakan Microsoft yang digunakan oleh banyak developer .NET untuk mengembangkan applikas dengan platform .NET Kode C# ditulis dengan pembagian masing Class-Class (classes) yang terdiri dari beberapa routines yang disebut sebagai member methods. Class-Class dan metode-metode ini dapat digunakan kembali oleh program atau aplikasi lain. Hanya dengan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Class dan metode yang dimaksud, maka kita akan dapat membuat suata kode yang dapat digunakan oleh satu atau beberapa aplikasi dan program (reusable code).Contoh kode dibawah ini ,definisi sebuah class:
public class Hello
{
   public static void Main (string[] args)
   {
    System.Console.WriteLine("Hello, World! \n");
   }
}

Deklarasi kelas di atas menggunakan metode Main() yang akan menampilkan pesan "Hello, World!" di layar Anda. Bagian dari kode di atas perlu untuk diperiksa dengan seksama.

Fungsi Main( )
Baris pertama dari kode yang dicari oleh C# compiler di dalam sumber file compiled adalah fungsi Main(). Fungsi ini merupakan titik awal dari aplikasi.
Fungsi Main() idealnya digunakan untu membuat objek dan menjalankan fungsi member.

Keyword class
Keyword class digunakan untuk mendeklarasikan sebuah kelas. Keyword merupakan kata-kata yang mempunyai arti khusus. Di sini, keyword class mendefinisikan kelas Hello. Tanda kurung, disebut juga sebagai pembatas, digunakan untuk mengindikasikan awal dan akhir dari class body.
Contoh:
class Hello
 {
   ...
 }

Nama Kelas
Keyword class diikuti oleh nama kelas.  Dalam contoh sebelumnya, Hello merupakan nama kelas yang didefinisikan dengan menggunakan keyword class. Saat Anda membuat kelas, Anda harus mempertimbangan konvensi nama dan peraturan yang mengikuti.
Konvensi Penamaan Kelas dalam C#
Nama kelas harus mengikuti konvensi penamaan atau pedoman tertentu. Nama kelas
  • Harus penuh arti (sangat dianjurkan).
  • Harus kata benda (idealnya)
  • Dapat menggunakan Pascal case atau  Camel Case. Dalam Pascal Case huruf pertama adalah kapital dan selebihnya huruf kecil, misal Myclass. Dalam Camel case Huruf pertama adalah huruf kecil dan huruf pertama untuk setiap kata berikutnya adalah kapital, misal myClass
Peraturan  Penamaan Kelas dalam C#
Nama kelas:
  • Harus diawali dengan huruf. Bisa diikuti oleh urutan huruf, angka (0-9), atau '_'. Karakter pertama dalam nama kelas tidak boleh angka.
  • Tidak boleh ada spasi atau simbol yang tersemat seperti ? - + ! @ # % ^ & * ( ) [ ] { } . , ; : " ' / dan\. Tetapi underscore ('_') bisa digunakan di mana pun saat membutuhkan spasi.
  • Harus tidak menggunakan sebuah keyword untuk nama kelas. Misal, Anda tidak dapat mendeklarasikan sebuah kelas bernama public.
System.Console.WriteLine()
Console adalah sebuah kelas yang dimiliki oleh System namespace. Namespace adalah kumpulan kelas. System namespace mengandung metode WriteLine(), yang menampilkan kata-kata di dalam kurung pada layar. Console class mempunyai metode lain yang digunakan untuk berbagai operasi input/output. Karakter (.) digunakan untuk mengakses fungsi, WriteLine(), yang berkode dalam Console class dari System namespace.

Baris sebelumnya juga dapat ditulis Console.WriteLine() jika pernyataan using System dimasukan sebagai baris pertama kode.

Kode di bawah ini merupakan  contoh dari Console.WriteLine():
  Console.WriteLine("Hello World \n");

Kode di atas akan ditampilkan di layar.
  Hello World

Karakter Escape
Untuk menampilkan karakter spesial seperti karakter pada baris selanjutnya atau karakter backspace, Anda perlu menggunakan karakter escape.
Tabel di bawah ini merupakan daftar karakter escape yang digunakan dalam C#.




Escape sequence
Character name
\’
Single quotation mark
\ >>
Double quotation mark
\\
Backslash
\0
NULL
\a
Alert
\b
Backspace
\f
Form feed
\n
New line
\r
Carriage return
\t
Horizontal tab
\v
Vertical tab

Karakter Escape

Contoh dari New line escape sequence
   Console.WriteLine("Hello \n World");

Kode di atas akan menampilkan pesan seperti di bawah ini pada layar:
 Hello
 World


Tidak ada komentar: